Selasa, 24 Maret 2015

Mbengkel di Rumah : Episode Servis Besar Suzuki New Shogun 110 :D

Mas bro semua siapa yang gak tahu motor yang satu ini,salah satu motor legend dari Suzuki yang terkenal dengan tagline-nya “Shogun dilawan” :D , motor yang dulu sempat menjadi raja di arena roadrace tanah air , motor yang mengantarkan Suzuki ke masa jayanya di Indonesia :D , motor yang terkenal mempunyai mesin bandel,halus, kencang, tapi juga irit :D , tapi entah kenapa nggak ada angin nggak ada hujan Suzuki malah men-discontinue motor ini padahal waktu itu masih dalam masa ‘kejayaan’ si new Shogun 110 dan digantikan oleh adik ‘downgrade’-an nya yaitu si Smash yang justru blunder buat Suzuki :( .
light blue Shogun vs ‘Blue’tifull Jupie :P
Walaupun sudah lama di discontinue (kalo nggak salah produksi terakhir tahun 2003 CMIIW) tapi karena ke-bandel-an dan ketangguhan mesinnya, motor ini masih bertahan bahkan mampu meladeni kecepatan mesin motor-motor keluaran terbaru yang berkubikasi sama :D (pengalaman pernah di’kentut’in new Shogun 110 yg berkopling manual juga pas pulang kerja :( padahal motorku gas’e dah mentok :( ) , dan ditangan para fanatikan Suzuki motor ini bagaikan ‘barang berharga’ yang perlu dilestarikan :D salah satu orangnya adalah mas Vincent ‘Shogun110Tromol’  admin’e blog motorsayatromol :D
Nah salah seorang teman ane juga punya tuh walaupun dia gak fanatikan suzuki, seekor new Shogun 110 berwarna biru rakitan tahun 2002 tapi udah cakram gak tromol lagi :P , kebetulan beberapa waktu lalu teman ane ini minta tolong ke ane buat menservis besar motor ini, soale dari baru belum pernah di servis besar :D , kebayangkan gimana ya kerak di kepala piston dan ruang bakar setelah 10tahun pemakaian :roll: :?: penasaran :?: :D
Ok langsung az deh bengkel dadakan dibuka :D , dengan peralatan perbengkelan yang seadanya dan beralaskan koran bekas ,bengkel dadakan pun sukses digelar di teras rumah :D . Kebetulan motor ini dah dititipkan dirumah sejak minggu malam, jadi hari senin pagi pas ane baru bangun tidur langsung az deh dibongkar nih shogun :D , jadi gak perlu mandi dulu mas bro percuma nanti juga kotor lagi kena oli :mrgreen: :lol:
^^ bongkarnya cepet, masangnya lama :D
Karena masih pagi dan pikiran masih fresh :D jadi pas mbongkar head Shogun gak butuh waktu lama :D kan masih semangat mas bro, meskipun belum mandi :lol: . Nah gimana penampakan kerak-kerak diruang bakar si Shogun setelah 10tahun pemakaian :?: monggo dicekibrot dengan seksama :D :
kondisi kepala piston sebelum dibersihkan
kerak di kepala pistonnya tebal banget mas bro :)
kondisi ruang bakar sebelum dibersihkan :roll:
Kerak diruang bakar gak kalah tebal :shock: .
Ok dengan obeng minus (-), silet dan ampelas ukuran 400 langsung az dikerok tuh kerak-kerak yang menempel di kepala piston n ruang bakarnya sampai bersih tak bersisa :) serta dilanjutkan dengan men-skir ulang dudukan katup/klep biar kompresinya tetep padat dan gak bocor  :D
selesai skir klep :D
Nih hasilnya :D , bersih kan mas bro :D
bersih gan :D
Kepala pistonnya juga dah bersih :D , tinggal dipasang :D , nah pas mau masang eh ane lupa belum beli paking-paking nya, yo wes terpaksa mandi dulu trus pergi ke bengkel buat beli paking n sil klep. Dana buat beli paking n sil klep habis 35ribu , itu sil klepnya pake original SGP tapi paking-paking lainnya seperti paking silinder kop dan teman-temannya pake merk TGP kalo nggak salah inget CMIIW (maaf lupa soale paking’e shogun banyak banget  beda ama Jupie :) ) ,setelah dapet pakingnya mau masang kok perut ane merasa laper ya :roll: yo wes ditinggal sarapan dulu :D , kalo perut kenyang kan kerjanya bisa konsen lagi :mrgreen: ,setelah selesai sarapan langsung dilanjut lagi memasang kembali klep,noken as dan kawan-kawannya :D
Nah ketika memasang per klep dan kancingan nya ane sempat kesulitan juga,maklum selain Shogun masih mengadopsi double per klep ditiap klepnya, juga karena alat yang ane digunakan terlalu ‘apa adanya’ :mrgreen: , tapi dengan sedikit putar otak,kesabaran dan kekuatan ( kan baru sarapan :lol: ) jadi sukses deh :D
ruang bakar nya bersih :D
Ketika sudah terangkai semua mulai dari silinder head, karburator serta knalpot tinggal hidupkan mesin sambil ngecek oli mesinnya mau ngalir ke silinder head apa gak :?: gak lucu dong seandainya setelah dibongkar pasang eh olinya gak mau ‘naik’ ke head, bisa ambrol tuh mesinnya :D tapi untungnya hal itu tidak terjadi :D , oli bisa mengalir dengan lancar guna melumasi komponen di head silinder , berarti sukses :D
Dipanasi bentar sekitar 7menitan terus setel karbu sambil geber-geber dikit :D woooh joss suara mesin si Shogun ini masih aluuss banget bahkan lebih alus dari suara mesinnya si ‘Blue’tifull Jupie ;) , tapi sayangnya suara mesin yang alus itu berbanding terbalik dengan suara cover body yang sedikit ‘mengganggu’ pendengaran ketika dipake jalan terutama suara yang berasal dari bagian headlamp n ‘ebek-ebek’ atau bagian sayap depan :( ,pating glodak kalo orang Jawa Timur bilang :D .
Nah tapi pas ane nyoba test ride nih Shogun, wiiihh akselerasinya lumayan juga mas bro cepet banget jarum speedometernya nunjuk ke angka 90km/jam, wah tua-tua clubing nih eehh tua-tua keladi maksudnya :D , tinggal pasang kopling manual trus ganti knalpot HRP / AHRS bisa-bisa yang lain semakin jauh ketinggalan :twisted: :lol: ,emang bener tuh taglinenya dulu yang bilang “Shogun Dilawan” ,lha gimana ‘tua’ az masih nampol gitu apalagi pas ‘muda’ dulu :mrgreen: .
Ok deh mas bro sekian dulu curhatan ane soal servis besar si Shogun,kalo ada salah-salah kata ane mohon maaf, kalo kepanjangan juga maaf soale ane gak bisa nulis artikel yang pendek tapi bermutu, bisanya cuma curhat panjang tapi gak penting ;) . Silahkan dikomentari ;) , semoga berguna :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar